Gambar 1,1
konsep pemasaran
Perusahaan yang ingin sukses tidak cukup hanya dengan membuat dan mengimplementasikan rencana pemasaran yang detail, tetapi diperlukan prinsip atau filosofi sebagai pegangan berpraktek. Apalagi dengan lingkungan, termasuk perilaku konsumen, terus berubah dan berkembang. Keyakinan bahwa tujuan - tujuan organisasional dapat dicapai dengan memuaskan pelanggan telah semakin besar di antara para manajer ; filosofi ini dikenal dengan istilah Konsep Pemasaran (Marketing Concept).
Konsep Pemasaran sebagai filosofi bertujuan memberikan kepuasan pada keinginan dan kebutuhan pelanggan atau konsumen. Seluruh kegiatan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan memenuhi tujuan, kegiatan ini meliputi kegiatan pada semua bagian yang ada, seperti kegiatan personalia, produksi, keuangan, riset, dan pengembangan, serta fungsi - fungsi lainnya. Meskipun orientasi pelanggan dibatasi oleh tujuan laba dan pertumbuhan, tetapi filosofi tersebut perlu dilasanakan.
Penggunaan Konsep Pemasaran pada perusahaan dapat menunjang berhasilnya bisnis yang dilakukan. Etzel, Walker, dan Stanton (1997) menyatakan bahwa filosofi bisnis ini menekankan pada orientasi pelanggan dan koordinasi kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan kinerja organisasi.
Sebagai filosofi bisnis, Konsep Pemasaran tersebut mencakup empat unsur, yakni :
- Orientasi pelanggan;
- Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan;
- Pencapaian tujuan kinerja organisasi, yaitu laba jangka panjang;
- Kinerja pemasaran yang lebih baik dibanding pesaing.
Terlihat pada gambar dibawah :

Gambar. 1.2
Konsep Pemasaran
Orientasi Pelanggan merupakan tugas pertama yang harus dilakukan pemasar dalam penerapan konsep pemasaran. Pelaksanaan orientasi pelanggan diwujudkan dalam bentuk berbagai aktivitas, yaitu berikut ini:
- Mengidentifikasi kebutuhan utama pelanggan; dan kebutuhan tersebut menjadi prioritas utama untuk dipenuhi.
- Memilih kelompok pembeli atau segmen pasar tertentu sebagai sasaran dalam pemasarannya.
- Menentukan produk dan program pemasarannya.
- Melakukan penelitian pada pelanggan untuk mengukur, menilai, dan, menafsirkan selera, sikap, serta perilaku mereka.
- Mengembangkan dan menerapkan strategi yang paling tepat, seperti mengutamakan kualitas yang tinggi, harga yang terjangkau, model yang menarik, danm sebagainya.
Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan perlu dilakukan untuk memberikan kepuasan pada pelanggan.
Pencapaian tujuan kinerja organisasi merupakan upaya yang dilakukan setelah menerapkan prinsip yang berorientasi pada pelanggan dan mengoordinasikan serta mengintegrasikan kegiatan - kegiatan pemasaran.
Kinerja pemasaran yang lebih baik dibanding pesaing. Pemasar perlu memantau terus perkembangan dan kinerja pesaing karena pesaing selalu berusaha memperbaiki kinerjanya agar dapat menyampaikan nilai pelanggan superior kepada para pelanggannya.
sumber :
BMP Manajemen Pemasaran Universitas Terbuka, 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar